WiFi Router untuk USB Modem 4G

Perangkat ini bisa mengalirkan akses internet ke penjuru ruangan lewat WiFi, dari tiga macam sumber internet; modem ADSL, internet kabel atau USB Modem 3G/4G. Namanya panjang, Wireless N300 Multi-WAN Router. Akses internet yang fl eksibel kini sudah menjadi kebutuhan. Fleksibel artinya bisa dipakai untuk perangkat mobile apa saja, seperti smartphone, tablet, laptop, PC hingga smart TV. Maka jawabannya adalah WiFi Router, sebuah perangkat yang bisa menyalurkan akses internet ke seluruh penjuru rumah lewat jaringan WiFi yang tanpa kabel.

Multi sumber internet

Beda dengan kebanyakan WiFi Router yang hanya mendukung input akses internet dari kabel ADSL (Speedy Telkom) atau fi ber optic (Firstmedia), maka WiFi router yang satu ini juga bisa mengalirkan data dari USB modem internet. Penggila internetan biasanya mengakses lewat modem 3G/HSDPA dengan nomor operator sesuai pilihan. Penggunaan nomor operator bisa ganti-ganti sesuai masa promo dan tarif yang berlaku. WiFi. Bisa pula dipakai di rumah dengan beberapa anggota keluarga yang internetan lewat ponsel, tablet, atau laptop. Jadi, router ini bisa diletakkan di dekat sumber akses internet dan PC lalu bisa dibagi ke laptop, tablet, dan smartphone. Bertipe N300 artinya kecepatan transfer data WiFi router ini maksimal 300 MBps. Kecepatan itu adalah dari router ke perangkat penggunanya seperti ponsel atau tablet, dan laptop. Sementara kecepatan data dari router ke internet tergantung dari sumber yang dipakai.

Namun dalam prakteknya, kecepatan bisa menurun hingga 30% karena berbagai halangan yang muncul seperti tegangan listrik tak stabil, penghalang di ruangan, hingga jarak antara router dan perangkat pengguna. Makin jauh jarak penggunanya, kecepatannya makin turun. Router ini juga pintar karena bisa menerima sumber internet dari USB modem 3G/4G sekaligus dari modem ADSL/ kabel modem. WiFi router D-Link ini cukup besar, dilengkapi dua antena yang bisa diputar dan diputar 180 derajat, untuk mendapatkan sinyal terbaik. Bodinya terbuat dari plastik ringan dan terkesan kurang kokoh, dengan lubang-lubang ventilasi di bagian bawahnya. Di belakang, berderet port koneksi, yaitu port ADSL, 4 port ethernet, dan port power supply. Sedangkan di depan, ada tombol WPS (WiFi Protection Setup) untuk keamanan jaringan WiFi, dan lubang tombol reset. Di atasnya, berderet lampu LED indikator yang menunjukkan sumber internet dari modem 3G/4G, lalu indikator sumber internet ADSL atau kabel modem, dan indikator keaktifan 4 port ethernet yang ada.

Instalasi Mudah

Untuk menghubungkan USB modem ke router, pasang USB modem ke port USB di D-Link DWR-116 yang ada di sisi atas. Selanjutnya, masukkan salah satu ujung kabel ethernet ke DWR-116. Masukkan ujung satunya lagi ke port Ethernet di laptop. Cara lain, bisa juga dihubungkan ke router lewat WiFi. Selanjutnya, atur DWR-116 dengan membuka browser dan membuka alamat http://192.168.0.1. Masukkan username: admin dan kosongkan bagian password. Selanjutnya instalasi dengan mudah bisa dilakulan lewat Setup Wizard untuk mengatur DWR116. kan router ke akses internet Speedy dan Firstmedia, salah satu ujung kabel ethernet yang ada di paket penjualan dimasukkan ke port WAN warna biru, dan ujung kabel satunya ke model kabel (Firstmedfi a) atau ke ADSL (Speedy). Lalu ambil kabel ethernet lain, hubungkan laptop ke port ethernet (warna kuning) di router D-Link. Sama seperti setting untuk USB modem, selanjutnya buka browser dan masukkan alamat http://192.168.0.1. Isikan username: admin dan kosongkan bagian password. Untuk internet kabel seperti Firstmedia, harus dilakukan setting khusus lewat menu Mac Address klik tombol Clone dan Save Settings.

This entry was posted in News. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *