Renovasi Hemat Menggabungkan 3 Unit Apartemen ala Kontraktor Semarang

Renovasi Hemat Menggabungkan 3 Unit Apartemen ala Kontraktor Semarang CV Ratulangi Teknik. Booming terjadi di kota-kota besar dalam tiga tahun terakhir mendorong banyak orang apartemen yang melirik hunian vertikal, baik untuk tujuan dihuni sendiri maupun investasi. Eddy Budiono (50) adalah salah satunya. Ia membeli 3 unit mungil di Apartemen Westmark, Tanjung Duren, Jakarta Barat, untuk tujuan investasi.

Ketiga unit apartemen yang dibeli memiliki luas bangunan sama, masing-masing yaitu 36m², memiliki 1 unit ruang tidur. Semua unit terletak di lantai yang sama dan posisinya bersebelahan dalam satu baris. Eddy membeli ketiga unit apartemen tersebut langsung dari pengembang saat masih dalam proses konstruksi. Letaknya yang cukup strategis merupakan salah satu alasan Eddy membeli apartemen di kawasan itu. Selain berada di pinggir jalan utama dan dekat dengan pusat perbelanjaan, apartemen ini juga dikelilingi beberapa perguruan tinggi terkenal.

Direnovasi untuk Disewakan

Untuk meningkatkan nilai tambah investasi apartemennya, Eddy berencana menyewakannya. Suami Onny Rumpun ini melihat peluang bisnis menyewakan apartemen cukup menjanjikan. Lokasi apartemen yang dekat dengan pusat bisnis dan perguruan tinggi membuatnya merasa yakin tidak sulit mendapatkan penyewa. Namun, sebelum disewakan, Eddy ingin merenovasi apartemen terlebih dahulu. Tujuannya, supaya ketiga unit huniannya layak dan nyaman ditempati, baik oleh yang sudah berkeluarga dan mempunyai anak, maupun masih lajang.

Tiga Unit Disatukan

Untuk mendapatkan hunian yang lebih luas, Hendra Kurniawan Patte, desainer interior, yang diminta jasanya untuk melakukan renovasi, menggabungkan dua unit apartemen yang bersebelahan. Penggabungan 2 unit ini menghasilkan 1 unit apartemen yang memiliki 2 ruang tidur dan ruang keluarga yang lebih luas.

Sedangkan satu unit lainnya, dibiarkan seolah berdiri sendiri dan memiliki satu pintu masuk untuk akses keluar-masuk unit. Layout asli ruangan tidak diubah, tetap dengan 1 ruang tidur, 1 ruang keluarga, dan 1 pantri. Namun, antara unit yang berdiri sendiri ini, dibuatkan pintu penghubung (connecting door) ke unit yang sudah digabung.

Menghilangkan Partisi

Menggabungkan 2 unit apartemen yang bersebelahan dilakukan dengan cara menghilangkan partisi dinding bata ringan, yang membatasi kedua unit. Salah satu pintu masuknya ditutup dan diubah menjadi bagian dari partisi dinding, sehingga hanya ada satu pintu masuk ke unit gabungan ini. Perubahan lain adalah memperluas dan mengubah arah hadap pantri. Dengan layout kitchen yang baru dan lebih luas, maka kegiatan masak menjadi lebih nyaman.

This entry was posted in Rumah. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *