Pentingnya Ukuran dan Dimensi

Selain ukuran ruang, dimensi meja makan juga harus diperhatikan. walau terbilang sempit, dengan ukuran dan dimensi yang pas, badan pun masih dapat bergerak bebas. Pernahkah Anda melihat—atau bahkan memakai—dapur yang terlihat indah namun tak enak dipakai? Kabinet terlalu tinggi, sehingga sulit menjangkau bumbu-bumbu, meja terlalu sempit sehingga tak pas untuk memasak? Hal semacam itu terjadi karena dapur tidak ergonomis.

Baca juga : Distributor Jual genset di Balikpapan Bergaransi dan Murah

Seberapapun ukuran dapur, ia tetap punya dimensi ideal, agar penggunanya dapat bergerak dengan leluasa. Apalagi dapur yang dibuat menyatu dengan meja makan. Ukuran dan dimensinya harus dihitung dengan cermat. Wilopo, arsitek dari Jendela Putih Studio menuturkan, idealnya kabinet dapur memiliki lebar 60cm dan tinggi 80-90cm (tergantung tinggi pemakai—untuk orang Indonesia umumnya 85cm).

Sementara itu, untuk meja makan ukuran tinggi minimalnya adalah 75cm, tetapi dapat dibuat lebih tinggi. Sementara panjang dan lebarnya ditentukan pada jumlah kursi yang ingin dihadirkan. Umumnya, ukuran lebar minimal adalah 60cm, dengan panjang 120cm. Ukuran ini bisa dipakai untuk 2 orang di satu sisi. Bila ingin kapasitas untuk 4 orang di dua sisi, paling tidak meja berukuran 80cm x 120cm. Untuk lebih nyamannya lagi, sesuaikan ukuran-ukuran tersebut dengan ukuran tinggi badan dan ukuran siku dari si pemakai.

Peletakan Air Harus diperhatikan! Kesalahan yang kerap ditemui arsitek kala merancang dapur sekaligus meja makan ini adalah tata letak titik air. Terkadang peletakkan titik air tidak direncanakan bersamaan dengan perencanaan layout dapur, sehingga membebani kerja arsitek dan menambah anggaran biaya.

Arena Berkumpul dan Bersantap Ria Di film-flm luar, kita sering melihat adegan keluarga yang ber-setting di dapur. Ya, area dapur kerap kali dijadikan ajang untuk bercengkerama dengan kerabat atau keluarga. Hal inilah yang ingin diadaptasi dari penggabungan 2 fungsi. Jadi tidak usah berkecil hati bila rumah Anda sempit dan tidak ada lahan untuk ruang keluarga, dapur bisa menjadi salah satu alternatifnya.

This entry was posted in Rumah. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *